Mozilla Luncurkan Firefox OS

Info Gadget Terbaru, Gadget Terkini, Gadget Tercanggih seputar Mozilla Luncurkan Firefox OS. Semakin tingginya peluang pasar Smartphone membuat Mozilla yang lebih dikenal dengan Browser diinternetnya memiliki keinginan untuk ikut bersaing dalam panasanya Tekhnologi OS yang tengah dikembangkan.

Tak tanggung tanggung, pihak mozila tengah menggodok sebuah OS dan sekaligus Ponsel pertamanya yakni Firefox OS. Firefok OS ini digadang gadang bakal bersaing dengan OS Android dan iOS iPhone.

Helsinki - Mozilla mengembangkan sistem operasi mobile baru yang dinamakan Firefox OS. Dengan dukungan beberapa perusahaan telekomunikasi besar, Firefox OS akan menantang OS mobile yang lebih dulu eksis seperti Android dan iOS di iPhone. 

Mozilla menyatakan operator Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor dan Etisalat menyatakan dukungannya pada Firefox OS. Vendor ponsel ZTE dan TCL rencananya akan merilis ponsel Firefox OS dengan prosesor Qualcomm Snapdragon pada awal tahun 2013. 

Dukungan dari operator dan vendor handset dinilai krusial bagi OS baru smartphone agar diminati pasar. Sebab, mereka akan menantang Android dan iOS yang saat ini sangat mendominasi.

Belum lagi OS lainnya dengan market share lebih kecil juga masih banyak digunakan. Seperti BlackBerry OS, Windows Phone, dan Bada dari Samsung. 

Gary Kovacs selaku Chief Executive Mozilla Corp percaya diri Firefox OS masih punya peluang di tengah sesaknya pasar OS. Terlebih platform ini disediakan gratis, berdasarkan pada standar web terbuka dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5.

"Saya kira Firefox OS akan diadopsi secara luas," kata Gary yang detikINET kutip dari Reuters, Selasa (3/7/2012).

Ponsel dengan Firefox OS pertama kali akan dirilis awal tahun 2013 di Brazil melalui operator Telefonica. Kemudian akan dipasarkan ke negara-negara lainnya.

Sekian Info Gadget Seputar Mozilla Luncurkan Firefox OS, Semoga Bermanfaat

Comments