Telkomsel Siap Kehilangan Pelanggan BlackBerry

Ancaman badai BlackBerry tak hanya terjadi ditubuh vendor ponsel asal Kanada saja melainkan para provider yang sejatinya turut memblunding beragam ponsel dari BlackBerry khususnya ditanah air. Seperti contoh Telkomsel, operator telekomunikasi ini mengaku sudah siap ditinggalkan para pengguna BlackBerry.

Ketidakpastian BlackBerry dalam meluncurkan Aplikasi BBM For Android dan iOS membuat nama Blackberry kian terpuruk karena dianggap belum siap dan hanya mendompleng nama. Meskipun di tanah air para pengguna BlackBerry masih banyak yang belum beralih ke Android atau iOS namun Telkomsel akan tetap siap jika suatu saat akan terjadi hal semacam itu.
BBM For Android

Dari sisi Telkomsel, yang memiliki lebih dari 5,8 juta pelanggan layanan BlackBerry, belum melihat adanya migrasi pengguna BlackBerry ke Android atau iPhone. Pun begitu mereka sudah menyiapkan rencana jika hal itu sampai terjadi.

"Kami sudah menyiapkan paket BBM untuk Android, tapi belum bisa saya sebutkan sekarang," lanjut Ririn, usai peluncuran LG L1 generasi kedua di Torino Resto, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Dengan adanya BBM untuk Android, ditambah paket internet yang lebih fleksibel, Ririn tak menampik adanya kemungkinan berkurangnya pengguna layanan BlackBerry Telkomsel. Tapi ia mengaku tidak mengkhawatirkan hal itu

"BlackBerry itu kan menggunakan jaringan yang berbeda, lebih aman. Jadi saya rasa akan tetap ada yang menggunakannya," jelasnya. "Lagi pula kalau di Jakarta turun, kemungkinan trennya akan beralih ke daerah. Jadi tidak akan berpengaruh pada perusahaan nasional seperti kami," tandas Ririn.