Karena Menjual Motorola, Google” Rugi” 9 miliar dollar AS

Info Gadget - Karena Menjual Motorola, Google” Rugi” 9 Miliar Dollar. Pada aritikel sebelumnya dikabarkan Google telah menjual Motorola kepada Lenovo, akan tetapi karena transaksi ini dikabarkan Google rugi sampai 9 miliar dollar AS.

Semua itu terlihat bahwa penjualan lebih rendah dibandingkan waktu membelinya dulu, Harga jual 2,91 miliar dollar AS berbanding harga beli 12,5 miliar dollar AS. Artinya, ada selisih sekitar 9,59 miliar dollar AS.

Akan tetapi setelah google membeli Motorola, google menjual divisi set-top perusahaan itu seharga 2,05 miliar dollar AS ke Arris Group. Lalu, Google kembali memperoleh hampir 3 miliar dollar AS dari Lenovo.
 
Karena Menjual Motorola, Google” Rugi” 9 miliar dollar AS
Karena Menjual Motorola, Google” Rugi” 9 miliar dollar AS
Setelah pembelian Google atas Motorola, Google memperoleh 17.000 hak paten atas Motorola, dan diperkirakan hak paten tersebut senilai 7 miliar dollah AS. Dan sudah termasuk pengurangan atas transaksi keduanya.

Semuanya itu masuk akal karena mengingat grup Rockstar membeli 4.000 paten dari Nortel seharga 4,5 miliar dollar AS.

Menurut analis mobile Jack Gold dari J Gold & Associates, dalam e-mail kepada Read Write Web mengatakan bahwa “Google sudah mendapatkan apa yang mereka mau dari Motorola, yaitu paten, tim insinyur, dan informasi mengenai pasar/perangkat kertas," sesungguhnya Motorola tak pernah memiliki nilai strategis untuk Google yang tidak perlu terjun sebagai produsen handset. Akuisisi atas Motorola juga menempatkan Google dalam posisi berlawanan dengan para mitra OEM.

Selain itu Gold juga angkat bicara, dan ia mengatakan bahwa "Mereka keluar dari bisnis yang memang tidak menghasilkan untung dan bisa berkonsentrasi tanpa harus repot mengurus produsen perangkat keras," karena Google tak pernah lagi berkonflik oleh pihak atau rekan manapun soal penjualan Motorola ini.

Demikianlah infomarsi seputar Gadget terbaru dunia, apakah dengan penjual Motorola ini Google mengalami kerugian yang cukup besar atau sebaliknya, simak informasi selanjutnya mengenai khasus ini, semoga bermanfaat